Selasa, 13 April 2010

KOMPUTER CERDAS

Apakah komputer itu cerdas? Jawabannya adalah “NO atau Tidak”. “Kenapa?”. Lalu, Bagaimana caranya untuk menjadikan komputer yang cerdas. Jawabannya akan diuraikan di bawah ini :

Menurut saya, komputer adalah suatu alat elektonik yang diciptakan oleh pakar dengan tujuan untuk mempermudah pengguna (user) mengerjakan suatu tugas / kerja yang mana hasilnya nanti akan memberikan suatu informasi. Agar pekerjaan bisa diselesaikan secara baik maka akan dilakukan pengolahan data dengan cara, yaitu :
INPUT → PROCESS → OUTPUT
(memasukkan data)(prosedur data yang akan diolah) (hasil)

Menurut saya, cerdas adalah kemampuan individu dalam berpikir atau memahami sesuatu untuk menemukan suatu pemecahan masalah (problem solving) yaitu bagaimana individu mengorganisir suatu masalah (melakukan tindakan, pertimbangan, keputusan atau perkiraan).
Untuk menciptakan komputer yang cerdas maka dibutuhkan seorang ahli atau pakar (expert) dalam bidangnya yang mampu memasukkan suatu intelligence pada suatu sistem komputer. Expert (pakar) menemukan suatu cara untuk menyelesaikan masalah dengan melalui pengetahuan atau pengalaman yang diperolehnya.
Suatu sistem Pakar (Expert System) adalah usaha untuk menirukan seorang pakar. Biasanya Sistem Pakar berupa perangkat lunak pengambil keputusan yang mampu mencapai tingkat performa yang sebanding seorang pakar dalam bidang problem yang khusus dan sempit. Ide dasarnya adalah kepakaran ditransfer dari seorang pakar (atau sumber kepakaran yang lain) ke komputer, pengetahuan yang ada disimpan dalam komputer, dan pengguna dapat berkonsultasi pada komputer itu untuk suatu nasehat, lalu komputer dapat mengambil inferensi (menyimpulkan, mendeduksi, dll.) seperti layaknya seorang pakar, kemudian menjelaskannya ke pengguna tersebut, bila perlu dengan alasan-alasannya. (1)
Komputer cerdas merupakan komputer yang mendasarkan proses program secara cerdas (intelligence) atau disebut juga sebagai Kecerdasan Buatan (artificial intelligence). Kecerdasan buatan adalah suatu proses yang kreatif yang dalam arti bagaimana membuat komputer dapat melakukan suatu pekerjaan seperti layaknya manusia berpikir dan bekerja.
Perangkat lunak AI berbasis representasi serta manipulasi simbolik. Di sini simbol tersebut berupa huruf, kata, atau angka yang merepresentasikan obyek, proses dan hubungan keduanya. Sebuah obyek bisa jadi seorang manusia, benda, pikiran, konsep, kejadian, atau pernyataan suatu fakta. Menggunakan simbol, kita dapat menciptakan basis pengetahuan yang berisi fakta, konsep, dan hubungan di antara keduanya. Kemudian beberapa proses dapat digunakan untuk memanipulasi simbol tersebut untuk menghasilkan nasehat atau rekomendasi untuk penyelesaian suatu masalah. (2)
Jadi, pikiran atau pengetahuan manusia merupakan bagian penting dalam membuat program komputer yang berbasis cerdas. Yang dianggap cerdas adalah manusianya atau ahlinya atau juga yang sering disebut sebagai programmer karena ahlinya adalah orang yang menemukan suatu ide atau gagasan untuk pemecahan masalah yang kemudian dituangkan dalam suatu mesin yang disebut komputer. Komputer tidak bisa berpikir karena komputer hanya menjalankan suatu program yang dirancang oleh pakar.
Adapun tujuan dari komputer cerdas adalah agar mampu melakukan suatu kerja atau fungsinya berdasarkan pola pikir dan kerja otak manusia dalam melakukan tindakan, pertimbangan, keputusan atau perkiraan yang nantinya juga akan digunakan oleh orang lain (bukan pakar / ahli).


Source :
(1)dan (2). http://ayuwulandari.blogspot.com/2008/03/diktat-kecerdasan-buatan.html

1 komentar: